Light Articles. Read Now!

Table of Content

INTERNET: Pengertian, Sejarah Sampai Penemunya

Internet

Pengertian Internet

Internet adalah jaringan komputer global yang terhubung secara luas dan menggunakan protokol komunikasi standar untuk menghubungkan jutaan perangkat komputer di seluruh dunia. 

Jika kita lihat dari pengertian di atas, hal ini memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data, informasi, dan sumber daya lainnya melalui berbagai aplikasi seperti email, browsing web, media sosial, e-commerce, dan banyak lagi. Internet juga menyediakan akses ke berbagai layanan online seperti perbankan, pendidikan, hiburan, dan komunikasi real-time.

Dengan kata lain, internet adalah infrastruktur global yang memungkinkan pertukaran informasi dan interaksi antara individu, organisasi, dan komunitas di seluruh dunia.

Sejarah Singkat Internet

Sejarah internet dimulai pada tahun 1960an ketika konsep jaringan komputer terdesentralisasi pertama kali diusulkan. Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET) didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1969 sebagai cara bagi para peneliti untuk berbagi informasi dan sumber daya. Itu adalah cikal bakal internet modern.

Pada tahun 1970-an, Protokol Kontrol Transmisi/Protokol Internet (TCP/IP) dikembangkan, yang memungkinkan jaringan komputer yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain. Hal ini meletakkan dasar bagi jaringan global yang kita kenal sekarang.

Pada tahun 1980an, National Science Foundation (NSF) menciptakan NSFNET, jaringan berkecepatan tinggi yang menghubungkan lembaga penelitian dan pendidikan di seluruh Amerika Serikat. Hal ini membantu memperluas jangkauan dan penggunaan internet.

Penemu Internet

Internet
Vinton Cerf 
(sumber: wikipedia)

Vinton Cerf dan Robert Kahn sering dianggap sebagai penemu utama internet. Mereka mengembangkan Protokol Kontrol Transmisi/Protokol Internet (TCP/IP) pada tahun 1970an, yang meletakkan dasar bagi internet modern. 

Internet
Robert Kahn
(sumber: wikipedia)

Pekerjaan mereka dilakukan sebagai bagian dari proyek Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET), yang didanai oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA) Departemen Pertahanan Amerika Serikat. ARPANET merupakan jaringan pertama yang menggunakan TCP/IP, dan menjadi dasar perkembangan internet seperti yang kita kenal sekarang.
Komersialisasi internet terjadi pada tahun 1990-an, dengan diperkenalkannya World Wide Web oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Hal ini memudahkan orang untuk mengakses dan menavigasi informasi di internet.

Demikianlah pemahaman singkat mengenai pengertian, sejarah dan penemu internet. Semoga artikel ini berguna dikemdian hari. Sampai jumpa pada artikel sejarah lainnya di masdoly.....

Manusia biasa yang suka membaca, menulis dan berbagi

Posting Komentar