Light Articles. Read Now!

Table of Content

GOOGLE - Sejarah Dan Penemunya

Google adalah perusahaan teknologi dan mesin pencari terkemuka yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin.

google

Google, siapa sih jaman sekarang yang tidak mengenalnya?. Mungkin sekitar sekian persen saja penduduk di dunia ini yang belum atau mungkin tidak mengenalnya sama sekali. Semenjak menjamurnya internet maka sudah tidak mungkin lagi para penggunanya tidak mengenal google. Baiklah pada kesempatan ini masdoly akan sedikit bercerita tentang sejarah asal-usul google dan penemunya.

The Pilot!

Google adalah perusahaan teknologi dan mesin pencari terkemuka yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Ide penciptaan Google dimulai pada tahun 1996 ketika Larry Page dan Sergey Brin bertemu di Universitas Stanford. Keduanya mengembangkan motor pencari bernama "BackRub" yang menggunakan algoritma PageRank untuk menentukan relevansi halaman web.

Mesin Pencari

Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google Inc. dan menamakan mesin pencari mereka menjadi "Google" yang merupakan permainan kata dari "googol", yang merupakan istilah matematika yang menggambarkan angka yang sangat besar yaitu angka 1 diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini dipilih untuk mencerminkan visi mereka untuk menyediakan pengguna dengan akses ke jumlah informasi yang sangat besar.

Perkembangan Google

Google awalnya dibangun di garasi temannya dan pada awalnya digunakan sebagai mesin pencari internal di Universitas Stanford. Namun, seiring dengan perkembangan internet, Google tumbuh secara eksponensial dan menjadi mesin pencari yang paling populer di dunia.
Pada tahun 2004, Google meluncurkan penawaran saham perdana (IPO) dan menjadi perusahaan publik. Sejak itu, Google tidak hanya menawarkan layanan pencarian, tetapi juga mengembangkan berbagai produk dan layanan seperti Gmail, Google Maps, Google Drive, dan YouTube.

Alphabet Inc

Larry Page dan Sergey Brin terus berperan penting di Google dalam peran sebagai pendiri dan pembuat kebijakan, meskipun mereka tidak lagi aktif terlibat dalam operasional sehari-hari perusahaan. Pada tahun 2015, mereka mendirikan Alphabet Inc., perusahaan induk Google yang mengawasi berbagai anak perusahaan dan proyek.

Besar dan Dikenal Serta Terkenal

Dalam perkembangannya, Google telah menjadi salah satu perusahaan terbesar dan paling berpengaruh di dunia teknologi. Mesin pencari Google digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia setiap hari, dan perusahaan ini terus melakukan inovasi dan mengembangkan teknologi baru untuk memenuhi kebutuhan pengguna di berbagai bidang.

Demikianlah penjelasan sederhana mengenai sejarah asal mula Google dan penemunya. Terimakasih sudah membaca. Apabila sobat baca ada masukan dan tambahan dengan sangat senang hati untuk diskusi di kolom komentar. Salam sehat selalu!

Manusia biasa yang suka membaca, menulis dan berbagi

Posting Komentar