Light Articles. Read Now!

Table of Content

Buku Tulis: Pengertian, Sejarah Dan Penemunya

Buku tulis adalah sejenis alat tulis yang terbuat dari kertas dan terikat menjadi buku.

buku tulis

Pengertian Buku Tulis

Buku tulis adalah sejenis alat tulis yang terbuat dari kertas dan terikat menjadi buku. Di dalamnya terdapat halaman kosong yang dapat digunakan untuk menulis atau menggambar. Buku tulis sering digunakan oleh siswa maupun orang dewasa untuk keperluan belajar, mencatat, atau menggambar.

Sejarah Buku Tulis

buku tulis

Sejarah buku tulis dapat ditelusuri kembali ke zaman Mesir Kuno sekitar 3000 SM. Namun, pada saat itu, buku tulis masih menggunakan bahan papirus. Di Mesir Kuno, papirus adalah sejenis bahan tulis yang terbuat dari tumbuhan papirus yang tumbuh di sepanjang Sungai Nil. Papirus dipotong menjadi lembaran tipis dan digulung menjadi rol yang disebut dengan "volumen". Setiap rol ini dapat menjadi buku tulis dengan panjang hingga 5-10 meter.

buku tulis

Kemudian pada tahun 105 AD, Cai Lun, seorang pegawai Istana Kaisar Han di Tiongkok menemukan cara untuk membuat bubur kayu yang kemudian dibentuk menjadi kertas. Penemuan ini menjadi awal munculnya bahan tulis yang menggunakan kertas. Namun, buku tulis pada masa itu masih terikat secara manual hingga penemuan mesin cetak di Eropa pada abad ke-15.

Penemu Buku Tulis

buku tulis

Penemuan mesin cetak oleh Johannes Gutenberg di Jerman pada tahun 1440 memungkinkan produksi buku tulis secara masal. Hal ini menjadikan buku tulis lebih mudah diakses oleh masyarakat luas. Sejak saat itu, buku tulis telah banyak mengalami perkembangan dan variasi dalam bentuk dan desainnya.

Saat ini, buku tulis telah menjadi alat tulis yang sangat umum digunakan di sekolah, perkantoran, dan rumah tangga. Buku tulis modern umumnya terbuat dari kertas berkualitas tinggi dan terikat dengan berbagai metode seperti jahit, terikat lentur, atau bahkan spiral. Buku tulis juga tersedia dalam berbagai ukuran dan desain, sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Manusia biasa yang suka membaca, menulis dan berbagi

Posting Komentar