Light Articles. Read Now!

Table of Content

Legenda Pocong: Asal-Usul dan Penampakannya

Kisah pocong merupakan legenda yang berkembang di Indonesia. Konon, pocong adalah arwah yang terjebak di antara dunia yang hidup dan mati.
legenda asal-usul pocong

Halo sobat baca sekalian. Setelah kita sudah mengenal asal usul Sundel Bolong di episode sebelumnya maka pada kesempatan kali ini masdoly akan sedikit bercerita mengenai Legenda Pocong: Asal-usul dan Penampakannya.

Mungkin sobat baca semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pocong. Banyak beredar di acara-acara televisi maupun film-film yang menampilkan sosok pocong ini. Baiklah tanpa banyak kata mari kita mulai mengenal pocong. 

Asal-Usul Pocong

Kisah pocong merupakan legenda yang berkembang di Indonesia. Konon, pocong adalah arwah yang terjebak di antara dunia yang hidup dan mati. Arwah tersebut masih merasa terikat dengan hal-hal di dunia, dan belum mampu melanjutkan perjalanan ke alam baka. Oleh sebab itu, arwah tersebut dikatakan keluar dari tubuh dan diikat dengan kain kafan, sehingga terlihat seperti pocong. 

Di Indonesia, pocong sering dijadikan tokoh dalam cerita horor dan digunakan sebagai simbol atau tanda-tanda bahwa ada praktik mistis atau kejadian aneh sedang terjadi. 

Penampakan Pocong

Tidak begitu banyak yang mengungkapkan penampakan pocong ini. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung. 

Pada umumnya penampakan pocong ini ditandai dengan aroma "khas" yaaa minimal aroma bunga tertentu. Biasanya aroma melati, kenanga, kamboja dan aroma lain yang menyengat. 

Setelah aroma menyengat tercium barulah akan muncul sosok pocong ini. Penampakannya biasanya tidak jauh berbeda dengan orang yang baru wafat kemudian dikafankan. 

Berdasarkan beberapa sumber yang penulis korek informasinya, pocong ini tidak melompat tetapi melayang,  hmmm mungkin lebih tepatnya melesat. Ketika sudah terpojok biasanya "PlasSshH" sang pocong langsung menghilang. 

Pocong Masih Diburu

Maksud diburu disini adalah dicari. Kenapa dicari?. Konon katanya banyak yang mencari pocong untuk tujuan tertentu. Salah satunya adalah untuk mengikat hati lawan jenis. 

Prosesnya biasanya mengambil ikat di atas kepala yang baru dikafankan segera setelah dikubur. Cara mengambilnya juga tidak sembarangan. Umumnya diambil menggunakan gigi. 

Nah demikianlah legenda pocong: asal-usul dan penampakannya yang masdoly dapat dari beberapa narasumber yang mengalaminya secara langsung. 

Teimakasih sudah membaca tulisan ini, sampai bertemu di episode selanjutnya dengan tema yang selalu sama, Rahayu... 🙏🙏

Manusia biasa yang suka membaca, menulis dan berbagi

Posting Komentar