Light Articles. Read Now!

Table of Content

2 Versi Legenda Simanis Jembatan Ancol

Karena sejarah yang kelam ini, di malam hari, katanya sering terjadi penampakan hantu di Simanis Jembatan Ancol.

simanis jembatan ancol

Halo sobat baca yang budiman. Pada kesempatan kali ini masdoly akan bercerita mengenai 2 versi legenda simanis jembatan ancol. 

Banyak berita di beberapa media yang menceritakan tentang simanis jembatan ancol ini. Tetapi sebenarnya ada satu versi yang mungkin belum banyak mengerti. Baiklah mari kita mulai memgenai 2 versi simanis jembatan ancol. 

Versi Simanis Jembatan Ancol yang pertama

Simanis Jembatan Ancol adalah jembatan yang terletak di Ancol, Jakarta Utara, dan merupakan salah satu landmark penting di Jakarta. 

Menurut cerita rakyat, jembatan ini dibangun atas perintah seorang raja Jawa bernama Prabu Siliwangi pada abad ke-15. Ketika itu, Prabu Siliwangi mengunjungi daerah Jakarta untuk bertemu dengan seorang raja lokal yang bernama Tanjung Bunga. Namun, Tanjung Bunga tidak sudi menerima Prabu Siliwangi dan memerintahkan pasukannya untuk membunuhnya.

Namun, Prabu Siliwangi mampu melarikan diri ke tepi sungai dan memerintahkan para pengikutnya untuk membangun jembatan di atas sungai itu. Ketika jembatan selesai dibangun, Prabu Siliwangi dan para pengikutnya dapat melewati sungai dengan selamat. 

Sejak saat itu, jembatan tersebut dikenal sebagai Simanis Jembatan Ancol, yang bermakna "Jembatan Manis dan Indah".

Versi Simanis Jembatan Ancol yang Kedua

Legenda hantu Simanis Jembatan Ancol juga dikenal di kalangan masyarakat sekitar. Konon, dulunya jembatan ini dipercayai sebagai tempat persembunyian warga Jakarta pada saat perang kemerdekaan, dan banyak orang yang meninggal di sana akibat tindakan kekerasan.

Karena sejarah yang kelam ini, di malam hari, katanya sering terjadi penampakan hantu di Simanis Jembatan Ancol. Beberapa orang menyatakan melihat sosok perempuan berpakaian putih yang berjalan di atas jembatan dengan gelagat yang mencurigakan. 

Ada pula yang mengaku melihat bayangan sosok laki-laki yang berdiri di atas jembatan, tapi saat ditanya lebih lanjut, tidak ada yang dapat memberikan deskripsi yang pasti mengenai penampakan hantu tersebut.

Naah... bagaimana singkat jelas dan padat kan. Jadi untuk versi yang pertama bercerita tentang asl muasal jembatan ancol yang sudah ada sejak jaman kerajaan. 

Sementara untuk versi yang kedua adalah tentang asal-usul simanis jembatan ancol yang beredar luas dan dipercaya oleh masyarakat sampai saat ini. 

Dari 2 versi simanis jembatan ancol diatas sepertinya lebih banyak tertuju pada versi yang kedua yaitu yang merupakan kisah mistis yang dipercayai oleh kalangan masyarakat sekitar dan menjadi bagian dari folklor Jakarta Utara.

Demikianlah tulisan tentang 2 versi simanis jembatan ancol. Semoga para pembaca yang budiman terhibur. Rahayu.  . 

Manusia biasa yang suka membaca, menulis dan berbagi

Posting Komentar