Light Articles. Read Now!

Table of Content

Kisah Nyata Dibalik Film "Veronica"

Veronica adalah film horor Spanyol yang ditulis dan disutradarai oleh Paco Plaza dari franchise found-footage Rec
veronica

Mereka mengatakan kebenaran lebih aneh daripada fiksi, yang mungkin menjadi alasan mengapa begitu banyak film paling menakutkan di bioskop terinspirasi oleh kisah-kisah horor kehidupan nyata. Dari pembunuhan Ed Gein yang mengilhami film klasik Hitchcock , Psycho, peristiwa di balik film klasik kultus The Texas Chainsaw Massacre, hingga kasus pengusiran setan yang menjadi film The Exorcist, ada sumber kisah teror yang tampaknya tidak pernah berakhir yang terus berlanjut.disesuaikan dengan layar lebar.

Hari ini masdoly akan berbicara tentang film Veronica dari tahun 2017 dan ketakutan di kehidupan nyata yang tidak pernah muncul di layar perak. Veronica adalah film horor Spanyol yang ditulis dan disutradarai oleh Paco Plaza dari franchise found-footage Rec. Ini menceritakan kisah gadis remaja tituler bernama Veronica, yang melakukan pemanggilan arwah menggunakan papan Ouija dengan teman-temannya dan dirasuki oleh kejahatan dunia lain. Tapi kisah ancaman supernatural ini didasarkan pada misteri kehidupan nyata, kasus nyata dari aktivitas paranormal yang memiliki konsekuensi menakutkan, bahkan mematikan.

Inspirasi karakter Veronica adalah seorang gadis remaja bernama Estefania Gutierrez Lazaro, yang tinggal di pinggiran selatan Vallecas, di luar Madrid, Spanyol. Pada tahun 1990, Estefania berusia 15 tahun ketika dia mengembangkan minat pada okultisme. Saat itu, orang tuanya tidak memperdulikan Stephanie tentang hobi barunya. Mereka menganggap itu hanya fase yang dialami putri mereka , sama seperti gadis lain yang beranjak dewasa dan menemukan cara untuk memberontak. Jika mereka bisa melihat kejadian selanjutnya, mereka pasti akan mencoba menghentikan hobi baru ini sejak awal. Estefania membeli papan Ouija dalam upaya untuk berkomunikasi dengan roh -roh luar yang besar. Dia bahkan membawa papan itu ke sekolah untuk melakukan pemanggilan arwah dengan teman-temannya. Menurut orang tua Estefania, salah satu temannya baru-baru ini kehilangan mantan pacarnya dalam kecelakaan sepeda motor yang tragis. Temannya ingin mencoba dan berbicara dengan hantunya, jadi Estefania dan beberapa teman sekelasnya menggunakan papan Ouija untuk melakukan pemanggilan arwah. Tapi hampir sebelum mereka bisa memulai, salah satu biarawati di sekolah dikatakan telah mengganggu ritual dan menghukum gadis-gadis itu karena penistaan seperti itu, memecahkan papan Ouija menjadi beberapa bagian. Dalam retrospeksi, tindakan hukuman ini mungkin telah menyebabkan konsekuensi yang jauh lebih profan dan tidak suci daripada dugaan penistaan gadis itu.

Menurut para saksi,ketika biarawati itu menghancurkan papan Ouija, papan itu mulai memancarkan kabut putih yang aneh, yang tampak dihirup oleh Estefania. Para ahli paranormal sejak itu berteori bahwa asap itu, pada kenyataannya, adalah roh jahat dan iblis yang kemudian merasuki gadis remaja itu , menggerakkan cobaan yang mengerikan bagi Estefania serta bagi keluarga dan orang-orang terkasihnya. Tidak lama setelah insiden dewan Ouija, Estefania jatuh sakit parah. Dia mengalami kejang ekstrim di mana dia akan menggonggong dan berteriak. Gadis remaja itu juga mengalami halusinasi yang sangat jelas, memberi tahu orang tuanya bahwa dia melihat sosok bayangan bersembunyi di seluruh rumah mereka. Dia berkata bahwa mereka adalah makhluk jahat yang akan menyiksanya siang dan malam, terutama di malam hari. Keluarganya melakukan yang terbaik yang mereka bisa, membawanya ke sejumlah psikolog dan dokter medis. Tetapi meskipun banyak pemeriksaan dan tes, para profesional tidak dapat menemukan sesuatu yang salah secara fisik atau mental dengan Estefania. Mereka tahu dia sakit parah, tetapi mereka tidak tahu mengapa. Sekitar enam bulan kemudian, pada bulan Agustus 1991, Estefania Gutierrez Lazaro akan dirawat di sebuah rumah sakit di Madrid, di mana dia meninggal dalam keadaan yang tidak jelas pada kenyataannya, laporan otopsi tidak dapat menentukan penyebab kematian yang jelas.

Orang tuanya tidak tahu apa yang menyebabkan putri remaja mereka meninggal sebelum waktunya, tetapi mereka merasa bahwa beberapa jenis kekuatan gaib yang jahat adalah penyebabnya. Tapi sayangnya, ini bukan akhir dari kengerian mereka. Di sinilah realitas peristiwa yang melibatkan Estefania dan film Veronica mulai menyimpang. Meski Estefania sudah meninggal, keluarga Gutierrez masih belum lepas dari kehadiran seram yang merasuki dan menghantui putri mereka hingga ke kuburnya. Pada malam hari, mereka mendengar apa yang terdengar seperti Estefania berteriak ketakutan dari kamarnya. Tetapi ketika anggota keluarga membuka pintu, mereka tidak menemukan apa pun, dan jeritan itu tiba-tiba berhenti.

Sebagian besar kejadian paranormal ini akan terjadi di tengah malam. Boneka saudara perempuan Estefania akan melompat dari rak mereka sendiri, sementara pintu dan laci lemari akan membuka dan menutup sendiri. Anggota keluarga lainnya mulai melihat sosok bayangan mengintai di seluruh rumah, mirip dengan apa yang digambarkan Estefania. Orang-orang bayangan ini akan berbisik kepada anggota keluarga Gutierrez atau meneriaki mereka. Suatu malam, Ny. Gutierrez diserang oleh salah satu dari orang-orang bayangan ini, mencengkeramnya di tengah malam dengan tangan tak terlihat sementara suaminya tidak dapat melakukan apa pun untuk menghentikan serangan itu.

Nyonya Gutierrez sangat ketakutan dengan kejadian itu sehingga dia melaporkan serangan itu ke polisi dan benar-benar dikutip dalam laporan polisi tentang kejadian itu. Dia berkata, kutipan, "Saya merasakan tekanan di atas saya, tetapi tidak ada seorang pun di sekitar. Saya berkata kepada Tuan Gutierrez, ada seseorang di sini. Kemudian saya merasakan sepasang tangan meraih kaki saya dan kemudian meraih tangan saya, yang tertutup oleh selimut." Insiden supernatural seperti ini berlanjut di dalam rumah keluarga Gutierrez selama lebih dari setahun setelah kematian Estefania. Tapi mungkin kejadian paling mengganggu yang dialami keluarga itu adalah ketika foto Estefania terlempar dari rak dengan sendirinya.

Ketika anggota keluarga berusaha mengembalikan gambar itu , gambar itu entah bagaimana terbakar di dalam rangka baja. Akhirnya, semuanya menjadi terlalu berat untuk mereka tangani, dan keluarga memutuskan bahwa mereka membutuhkan bantuan. Butuh waktu sekitar satu tahun sebelum polisi terlibat, tidak seperti dalam film di mana pihak berwenang dipanggil tepat setelah insiden pertama dan segera menangani kasus tersebut. [BERBICARA SPANYOL]Selamat malam, polisi. [BERBICARA SPANYOL] Selamat malam. Dengar, aku Maximo Gutierrez, dan sudah beberapa jam di rumahku. Kami mengalami peristiwa paranormal. Kekuatan aneh sedang menggerakkan sesuatu dan menyebabkan kekacauan besar. Inilah yang akan mengarah pada apa yang disebut para peneliti paranormal sebagai "Kasus Vallecas".

Kepala inspektur polisi nasional Spanyol, Jose Pedro Negre, bersama dengan tiga petugas menyaksikan dan melaporkan kasus tersebut, menambah validitas peristiwa mengerikan itu. Di apartemen keluarga Gutierrez , polisi menyelidiki dan melaporkan beberapa insiden aneh dan aneh. Polisi menemukan rumah itu berantakan seolah-olah para pengacau mengamuk di dalam. Sebagian besar kehancuran berada di kamar lama Estefania. Orang tuanya telah menjaganya tetap utuh setelah dia meninggal, meninggalkan dekorasi dan perabotannya hanya untuk memiliki kekuatan gaib yang menghantui mereka menghancurkan barang-barang milik anak mereka yang hilang. Mereka juga menemukan bahwa kamar Estefania adalah kamar paling berhantu di rumah, bahwa kekuatan tak terlihat akan secara kasar mendorong siapa saja yang memasuki kamar mendiang putri mereka. Poster dan wallpaper dicakar seolah-olah oleh binatang atau monster. Para petugas juga mengklaim bahwa mereka menyaksikan salib yang tergantung di ruangan itu bergerak sendiri.

Mereka menyaksikan dengan ngeri saat salib ditekuk dan dipatahkan di depan mata mereka oleh kekuatan yang tidak terlihat, seperti adegan dalam film The Exorcist. Tertinggal di dinding tempat salib digantung adalah noda merah-cokelat besar yang memiliki warna dan kekentalan darah. Kemudian petugas melaporkan bahwa noda itu sepertinya mengikuti mereka ke seluruh apartemen, mencatat bahwa kekacauan yang luar biasa itu tampaknya bergerak dengan sendirinya, menyebar ke furnitur dan lantai. Pintu lemari yang tadinya tertutup tiba-tiba terbuka dengan sendirinya di depan polisi yang kaget itu. Di titik lain, mereka mendengar suara benturan keras datang dari teras yang mereka temukan benar-benar kosong. Beberapa ahli paranormal percaya insiden ini adalah tanda -tanda poltergeist. Semua kejadian aneh ini dicatat dengan patuh oleh petugas ini dan dengan setia dimasukkan ke dalam laporan mereka, membuat kejadian ini secara resmi diverifikasi. Ketika media mendapatkan cerita, itu menjadi sensasi berita instan dan terkenal dan salah satu hantu paling terkenal dan terdokumentasi yang pernah terjadi di Spanyol.

Dalam laporan mereka , polisi menggambarkan apa yang terjadi di rumah Gutierrez sebagai situasi misteri dan langka. Tidak lama setelah penyelidikan polisi dan sensasi berita berikutnya, keluarga Gutierrez pindah dari rumah mereka di Vallecas dalam upaya untuk melarikan diri dari menghantui yang menyiksa mereka. Dan terlepas dari apa yang Anda harapkan dari kiasan film horor , ini benar-benar berhasil. Keluarga Gutierrez tidak mengalami insiden supernatural lebih lanjut di rumah baru mereka, dan tidak ada laporan tentang hantu yang terus menghantui di rumah mereka sebelumnya.

Apa pun yang telah meneror mereka dari luar telah menghentikan siksaannya. Tapi sementara roh yang sebenarnya tampaknya telah dikuburkan, cerita hantu seputar Estefania Gutierrez Lazaro dan kasus Vallecas akan terus hidup. Karena sifat kasus dan liputan yang diterimanya , akhirnya menjadi salah satu legenda urban paling terkenal di Madrid, jika tidak di seluruh negara Spanyol. Akhirnya, itu menjadi dasar dari Veronica Paco Plaza. Dirilis pada tahun 2017, film horor Spanyol ini sukses secara internasional dengan rating positif 90% di Rotten Tomatoes. Ini meraup lebih dari $6 juta di box office dan akhirnya menemukan audiens yang lebih besar secara digital melalui platform streaming. Saat tampil di festival Film Internasional Toronto , Plaza mengakui bahwa ia mengambil beberapa lisensi kreatif dengan ekornya dan membuat hiasannya sendiri untuk menyesuaikannya dengan layar lebar.

Dia berkata, kutipan, "Di Spanyol, cerita ini sangat populer karena, seperti yang kita katakan dalam film, satu-satunya saat seorang petugas polisi mengatakan dia telah menyaksikan sesuatu yang paranormal. dan itu ditulis dalam laporan dengan cap resmi polisi., dan itu sangat mengesankan ketika Anda melihatnya. Tapi saya pikir ketika kita menceritakan sesuatu, itu menjadi sebuah cerita, bahkan jika itu ada di berita. Anda hanya perlu membaca surat kabar yang berbeda untuk mengetahui betapa berbedanya kenyataan 
tergantung pada siapa yang menceritakannya.

Jadi saya tahu kami akan mengkhianati peristiwa yang sebenarnya. Saya hanya ingin membuat sebuah visi. Tapi keseluruhan cerita tentang Veronica, dan saudara perempuannya, dan Antonito, Marlon Brando kecil berkacamata ini-- itu semua hanya sebuah visi." akhir kutipan. Sementara film Veronica menjadi hit , pertanyaannya tetap ada , seberapa banyak film ini didasarkan pada fakta, dan seberapa banyak cerita dari sutradara berbakat? Kematian misterius Estefania Gutierrez Lazaro adalah kehilangan tragis bagi sebuah keluarga yang menyebabkan sensasi media, menginspirasi film horor yang mencekam , dan akhirnya menjadi legenda urban. Ini adalah contoh lain dari kisah nyata teror yang menangkap imajinasi publik di media berita dan berubah menjadi film horor yang tampaknya tidak dapat dipahami oleh penonton di seluruh dunia . Dan meskipun ada perbedaan antara fakta dan fiksi antara film dan cerita yang menginspirasinya, Anda harus bertanya-tanya apakah yang terjadi pada Estefania dan keluarganya yang benar-benar supranatural? Atau kasus sederhana tragedi berubah histeria? Kita mungkin tidak pernah tahu pasti, tapi itu mungkin membuat orang berpikir dua kali untuk bermain-main dengan papan Ouija dan mencoba-coba okultisme.

Jadi apa yang Anda pikirkan? Apakah Veronica didasarkan pada insiden paranormal yang sebenarnya dari kerasukan setan dan menghantui, atau hanya film horor yang terinspirasi oleh kisah hantu yang terkenal, meyakinkan, dan terdokumentasi dengan baik?
Manusia biasa yang suka membaca, menulis dan berbagi

Posting Komentar