Light Articles. Read Now!

Table of Content

Ayahku Pahlawanku

Ayah saya tidak memiliki banyak gelar atau dengan kata lain hanya sekedar bisa baca, tulis dan menghitung saja. Jadi wajar saja dia menjadi nelayan.
gadis sedih
Ini adalah cerita tentang sebuah desa nelayan biasa. 
Ayah membesarkan saya seorang diri. Ayah saya tidak memiliki banyak gelar atau dengan kata lain hanya sekedar bisa baca, tulis dan menghitung saja. Jadi wajar saja dia menjadi nelayan. Ayah seperti ayah yang tidak pernah tahu bagaimana Ayah seperti ayah pada umumnya, serius dan khusyuk. ayah tidak pernah tahu bagaimana mengungkapkan cintanya padaku apalagi menyuarakannya Senyum lembut atau tepukan lembut di kepalaku akan menjadi batasnya. Namun ketika saya melakukan kesalahanpun ayah saya hanya tersenyum hangat. Seandainya dulu saya selalu dimarahi dan dicaci maki, itu menjadi lebih mudah Dalam ingatan saya, ayah saya hampir tidak memukul saya Kecuali hari itu ketika saya ketahuan mencuri. Hari itu saya menangis, dia juga menangis malam itu, ayah saya masuk ke kamar saya dan menutupi selimut untukku saat aku pura-pura tidur. Aku tidak berani bangun, aku tahu ayahku mencintaiku. 

Sebagian besar waktu, hidup yang begitu keras iya jalani untukku. Ayah selalu bekerja keras, karena selama ini ayah memiliki tujuan, untuk memiliki rumah sendiri. ayah pasti telah melalui lebih banyak kesulitan daripada yang lain untuk lebih dekat dengan tujuannya Selama tahun baru tahun itu kami memiliki rumah kami sendiri. Hari itu, ayah sangat senang, dan saya juga sangat senang.

Waktu berlalu sangat cepat seperti kata-kata yang telah saya ucapkan yang tidak akan pernah kembali. Suatu waktu ayah sakit ketika dia berusia 58, dia pergi keluar dan tidak dapat menemukan jalan pulang penutup kursi yang baru saja  dicuci kemarin kotor lagi hari ini. Saya hanya menyatakan untuk bergegas tetapi saya sering harus buru-buru pulang untuk membawa pulang ayah saya Karena kondisinya memburuk, dia kadang-kadang bahkan lupa siapa saya sampai beberapa waktu kemudian dia stabil, sebagian besar waktu itu lebih buruk  melampaui kemampuan saya untuk merawatnya. 

Saya ingin merawatnya dengan lebih baik, walaupun saat ini saya baru dapat melanjutkan hidup saya sendiri. Tiba-tiba ayah memanggil saya pada suatu hari ketika dia stabil. Ketika saya mencapai rumah orang tua, di pintu masuk rumah tepat di kamarnya dan terdengar suara pengasuh menegur: "aku membersihkan semua kotoranmu, bahkan anakmu tidak menginginkanmu" 
anak: "kamu berbicara omong kosong" 
pengasuh: "apa? kamu tidak ingin merawat ayahmu sendiri 
anak: "KELUAR!!" 
pengasuh: "OK, AKU KELUAR" 

Dalam keheningan ruangan, dengan kencingnya menetes ke lantai, ada surat di atas meja. Setelah membukanya, dan ternyata isi surat itu adalah kata-kata ayah yang ditulis dengan cat bersama dengan foto kuning pudar surat itu mengatakan "maaf, sakit telah membuat kamu kesulitan sehingga ayah tidak ingin melupakan kamu, ayah berusaha sangat sulit untuk mengingatmu. Kamu harus menjaga diri  dengan baik.

Di belakang surat itu ada laporan rekening bank. Itu adalah tabungan seumur hidupnya dengan semua kerja keras Dan cinta seumur hidup terhadapku. Aku terkejut dan dengan tangisan yang sangat sesak dan penyesalan yang mendalam di dalam dada ini kemudian hati kecilku berkata 
"Yah. Maafkan aku"  
tinggalkan cintamu untuk orang yang paling kamu cintai..AYAH
Manusia biasa yang suka membaca, menulis dan berbagi

Posting Komentar